Friday, September 6, 2019

Makanan Penurun Berat Badan


Makanan Penurun Berat Badan


Makanan Penurun Berat Badan


Tak jarang sekali orang sering kali mengalami masalah dengan makanan yang dikonsumsinya dari masalah nutrisi yang dikandungnya bahkan sampai masalah dalam program diet yang ia jalankan, diet sangtlah cocok jika dikaitkan dengan penurunan berat badan. Tetapi tidak menutup kemungkinan banyak juga orang yang melakukan diet untuk menambah berat badan . apapun jenis, tujuan dan niat anda dalam program menurunkan berat badan, yang paling penting yang harus dilakukan adalah melakukannya dengan optimis, ulet, sabar dan dilakukan dengan cara atau ketentuan yang benar dan tidak menyiksa diri sendiri maupun orang lain.

Dalam menjalani program menurunkan berat badan dibutuhkan pengaturan pada pola makan serta makanan yang sehat dan bergizi , agar hasil sesuai dengan harapan anda. Apabila anda sering bermalas malasan atau tidak disiplin dalam memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi, jangan berharap program menurunkan berat anda berhasil.

Berikut ini kami menjelaskan beberapa makanan yang cocok dalam kebutuhan program  menurunkan berat badan anda, manfaat lain kandungan gizi yang ada didalamnya juga dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh anda.

   1.      Apel

Buah yang satu ini unik sekli penelitian menemukan fakta bahwa makan buah tertentu di antara waktu makan atau tepat sebelum makan dapat membantu menghilangkan rasa lapar. Konon kabarnya buah ini berasala dari pegunungan Tian Shan ini banyak mengandung pectin yang secara alami mampu meningkatkan rasa kenyang dan memperlambat pencernaan. Tak jarang bila orang sering mengkonsumsi buah ini sebagai program menurunkan berat badan.

Apel juga merupakan sumber antioksidan, vitamin c, dan serat yang baik. Apabila ingin memakannya pastikan kulit dari buah apel jangan dikupas karena dikulitnya terdapat berbagai nustrisi yang akan memberikan efek maksimal bagi kesehatan tubuh anda, dan cucilah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

   2.      Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak sehat berbeda dengan buah lainnya yang tinggi karbohidrat. Alpukat mengandund asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang ditemukan diminyak zaitun. Alpukat juga banyak mengandung air dan serat. Daging buahnya memiliki tekstur lunak nan lembut ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, kalium, magnesium, folat, vitamin c dan e juga seratnya memiliki berbagai khasiat bagi tubuh. Salah satunya ialah dapat menurunkan berat badan.

   3.      Pisang
Sering dikenal orang akan kandungan potasiumnya yang tinggi, sebenarnya pisang juga sumber pati resisten yang efektif untguk menurunkan berat bandan. Selain itu manfaat yang diperoleh apabila rutin memakan makanan yang mengandung pati resisten juga berdampak baik bagi kesehatan pada saluran pencernaan.

   4.      Berry

Buah seperti strawberry, raspberry atau juga blueberry sangat cocok dijadikan makanan penurun berat badan , dalam satu cangkir buah berry mengandung 4 gram serat dan hanya mengandung 80 kalori.

Senyawa antioksidan yang dikandung dalam buah berry juga berkhasiat dalam mencegah kanker, menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi risiko terkena demnesia. Maka dari itu buah berry merupakan sumber mangan yang baik yang dapat meningkatkan metabolism serta membuat tubuh menjadi fit dan selalu berenergi.

    5.      Pir

Mengkonsumsi satu buah pir sehari dapat menurunkan risiko obesitas 35 % dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Manfaat yang didapat selain itu kandungan air yang tinggi ini setiap harinya dapat meningkatkan kualitas diet anda secara keseluruhan.

Terkandung serat yang dapat mencukupi 24 % dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan para ahli. Kalorinya tergolong cukup rendah , akni sebesar 100 kalori per buah ukuran sedang. Ditambah lagi, buah pir kaya akan vitamin C, magnesium, dan potassium.

    6.      Sayuran hijau

Seperti kangkung dan bayam mengandung kalori dan karbohidrat yang sangat rendah. Sebaliknya, kandungan serat didalamnya sangat kaya, sehingga bahwa makanan yang tinggi seratnya dapat membuat anda kenyang lebih lama.

Oleh karena itu, sayuran hijau sangat bergizi dan kaya akan vitamin serta mineral, anda bisa mengkonsumsinya  tanpa khawatir menjadi gemuk.

    7.      Kentang

Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga banyak dari orang untuk melewatkan makanan ini sebagai penurun berat badan.

Ternyata kentang merupakan salah satu sumber pati resisten yang sangat efektif  dalam membantu membakar lemak. Kandungna serat yang banyak dapat memberikan rasa kenyang serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Apabila ingin dijadikan makanan untuk diet kentang cukup direbus atau dipanggang sebelum dinikmati, jangan mengolahnya menjadi kentang goring atau keripik kentang.

    8.      Ubi Jalar

Tanaman dalam golongan umbi – umbian ini mengandung serat yang tinggi, rendah kalori, kaya akan vitamin A dan C, kaya akan karotenoid, kalsium, potasium, zat besi dan banyak mengandung air yang akan membuat perut anda cepat kenyang dan mencegah dari makan yang terlalu banyak.

   9.      Labu

Tanaman rambat ini juga mengandung potassium, vitamin B dan beta karoten. Rasanya manis dan kalorinya yang rendah, menjadikan labu sebagai salah satu makanan untuk penurun berat bandan.

Labu juga sagat baik dalam menjaga kesehatan kulit dari kandungan karotenoid yang mampu melindungi kulit dari tanda – tanda penuaan seperti kulit keriput atau munculnya fleks di wajah.

   10.  Kembang Kol

Sayuran ini sngat rendah kalori hanya terdapat 25 kalori per cangkirnya. Sayuran ini sering diolah menjadi sup dan juga dikemas dengan serat dan berbagai nitrisi yang baik bagi tubuh seperti potassium dan vitamin C, K, dan B6.

   11.  Telur

Telur merupakan makanan terbaik dalam mengurangi angka timbangan. Telur kaya akan protein, lemak sehat, dan dapat membuat anda kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang sangat rendah .

Dapat membantu anda mengurangi nafsu makan, dalam satu butr telur mengandung 80 kalori, bahkan ketika digoreng dengan sedikit mentega pun nilai kalorinya masih dibawah 100.

Nutrisi lain yang dalam telur ialah vitamin A, vitamin B12, mineral besi, seng, fosfor, riboflavin dan folacin, kolin serta DHA yang sangat berguna bagi kesehatan otak.

   12.  Ikan Salmon

Ikan yang banyak mengandung di impor dari Negara Norwegia ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang dapat membantu pemabakaran lemak dalam tubuh secara lebih maksimal sehingga mempercepat dalam menurunkan berat badan anda.
Kandungan EPA dan DHA merupakan senyawa dari asam lemak omega 3 (salah satu bentuk PUFA) dalam ikan  salmon, berperan penting bagi kesehatan jantung dan perkembangan otak. Terutama bagi anak- anak yang sedang dalam massa – massa perkembangan.

   13.  Yoghurt

Banyak mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kerja usus seperti pada minuman fermentasi lainnya, usus yang sehat membantu melindungi tubuh dari peradangan dan resistensi leptin, salah satu kondisi yang menodrong hormone utama penyebab obesitas.

   14.  The Hijau

Minuman karena zat anti oksidannya yang tinggi ini baik dalam program menurunkan berat badan anda, teh hijau mengandung katekin dan tannin yang dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak sekaligus mampu menekan hormone stress penyebab kegemukan.

Kandungan antioksidannya yang tinggi juga mamp melawan peradangan, mengurangi risiko penyakit Parkinson, kanker ovarium, kanker kolorektal, kanker kulit juga prostat.



Untuk membantu program menurunkan berat badan anda agar lebih efektif maka harus diimabangi dengan olahraga yang teratur dan banyak meminum air putih sesuai kebutuhan, lakukan secara seimbang dengan rasa nyaman jauhi segala sesuatu yang dirasa menyiksa diri atau menyakiti diri anda sendiri. Karena emosi hati anda juga berpengaruh dalam menentukan berhasil tidaknya program yang anda jalani ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments