Tuesday, August 20, 2019

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Processor Komputer

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Processor Komputer




Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Processor


Sering kali kita mendengar kata Processor di kehidupan kita baik dalam penggunaan suatu teknologi maupun yang lain sebagainya, terlebih lagi perangkat keras ini hampir sering digunakan karena mempunai tugas yang khusus. Saat kita membeli sebuah personal computer maupun smartphone  kita pasti tidak melewatkan bertanya tentang jenis processor apa yang digunakan.

Alasan penting mengapa kita harus mengetahui jenis dan tipe processor pada perangkat komputer atau smartphone kita adalah tidak lain dan tidak bukan karena processor merupakan komponen utama yang ada pada setiap computer maupun smartphone ,  tanpa adanya komponen utama ini perangkat tersebut tidak akan dapat berjalan dan tidak dapat menjalankan fungsi lain sebagaimana mestinya, perangkat tersebut tidak akan  beroperasi atau dapat dikatakan malfungsi.
Maka dari itu disini akan dijelaskan secara sederhana dengan tujuan agar pengetahuan kita menjadi bertambah dan dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Pengertian Processor






Processor adalah suatu komponen yang paling utama pada computer atau sebuah komponen yang terdiri dari komponen alat elektronik seperti resistor, transistor, dan lain sebagainya. Biasa disebut dengan CPU (Central Processing Unit) kebanyakan orang menyebutnya sebagai otak dari computer, processor merupakan pusat kendali dari jalannya semua perintah yang dilakukan computer. Letaknya yang menempel pada motherboard didalam kotak besi dan dihimpit oleh kipas (fan) sebagai pendingin agar processor tidak cepat panas.

Processor terdiri dari berbagai jenis dan setiap jenisnya meiliki bentuk yang berbeda – beda menyesuaikan dengan bentuk socket yang ada dalam motherboard, jik anda membeli sebuah motherboard, sebaiknya anda membawa juga processornya agar keduanya cocok, demikian juga sebaliknya, tetapi alangkah baiknya anda membeli motherboard sekaligus juga dengan processornya.

Terdapat hal penting lainnya yaitu nilai TDP processor harus sesuai dengan motherboardnya karena jika salah dapat mnegakibatkan computer akan mengalami masalah saat booting maupun ketika sudah beroperasi. Processor mempunyai bagian – bagian penting dan dibagi menjadi tiga bagian :

   1  .      Aritcmatics Logocal Unit (ALU)

Sebuah bagian dalam processor yang tugasnya melakukan perhitungan aritmatika atau math yang terjadi sesuai dengan intruksi program yang diberikan, Dasar semua logika.

   2  .      Control unit (CU)

Sebuah bagian dalam processor yang tugasnya melakukan kendali dari kegiatan input dan output.

   3  .      Memory Unit (MU)

Sebuah bagian dalam processor yang tugasnya sebagai ruang penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi.


Fungsi Processor


1.       Memproses semua data informasi yang diterima masukan  (input) kemudian akan menghasilkan keluaran (output), Komponen informasi ini dapat diproses tersebut dan dikendalikan oleh processor.
2.       Menhubungkan semua komponen dalam computer agar dapat saling bekerja sama atau mengintegrasikan keseluruhan komponen internal dalam computer. Seperti komponen yang ada dalam motherboard yaitu chipset, harddisk, RAM, VGA, dan lain sebagainya, maka semua perngkat dapat menjalankan operasi sesuai dengan tugasnya.
3.       Mempertahankan kinerja sebuah computer, semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor maka peforma dari computer itu akan semakin tinggi pula kualitasnya.
Processor dapat bekerja dengan bantuan dukungan RAM, dalam porses data dapat dilakukan denga waktu proses yang lambat maupun cepat tergantung pada processor yang digunakan,


Cara kerja Processor





Kerja dari processor dengan mengolah data dari beberapa fungsi bagian yang dimilikinya, kecepatan processor dalam pemrosesan data mampu mencapai 4Gigahertz yaitu processor dapat mengolah dan menjalankan perintah sebanyak 4000 milyar dalam sekali kerja. Angka tersebut sangat fantastis dibandingkan kecepatan processor versi sebelumnya, dan juga kegiatan kerja proses sebanyak ini tidak mampu dilakuakan oleh manusia secara manual.


Jenis – Jenis Processor


   1.      Intel Processor
Intel adalah perusahaan multinasional yaitu Intel Corporation, yang berdiri pada tahun 1968 dengan pusat pengembangan dan produksinya berada pada Amerika Serikat.  Sebagai produsen yang mempunyai rancangan terhadap milroprocessor. Berikut contoh produk Intel Processor :
4004 Micro processor
8008 Microprocessor
8080 Microprocessor
8086 – 8088 Microprocessor
286 Microprocessor
Intel 386 TM
Intel 486 TM DX CPU Microprocessor
Intel Pentium Processor
Intel Pentium Pro Processor
Intel Pentium II Processor
Intel Pentium II Xeon Processor
Intel Celeron Processor1999
Intel Pentium III Processor1999
Intel Pentium III Xeon Processor2000
Intel Pentium 4 Processor2001
Intel Italium Processor2001
Intel Italium II Processor2002
Intel Pentium M Processor2003
Intel Pentium M 735/ 745/ 7552004
Intel Pentium 4 Extreme Edition2005
Intel Pentium D2005
Intel Core 2 Quad2006
Intel Quad Core Xeon2006
Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009)
Intel Core i9-9900T

   2.      AMD (Anvanced Micro Processor
Sering dikenal sebutan AMD penggunaan processor ini masih berada dibawah Intel namun produksi AMD ini terus memproduksi processor yang lebih baik. Perusahaan ini perusahaan multinasional terbesar kedua setelah iNtel Corporation yang berbasis pada pengembangan produk processor untuk computer. Pusat pengembangan produksinya berada di Sunnyvale, California. Berikut contoh produk AMD processor adalah

AMD Athlon II X2 240 dengan spec 2,8 GHz,2 x 1024 KB
AMD Athlon II X2 245 dengan spec 2,9 GHz,2 x 512 KB
AMD Athlon II X2 250 dengan spec 3 GHz,2 x 1024 KB
AMD Athlon II X2 255 dengan spec 3,2 GHz,2 x 1024 KB
AMD Phenom II X4 955 Black Edition dengan spec 3.2 GHz,4x 512,6 KB
AMD Phenom II X4 965 Black Edition dengan spec 3,4 GHz,4x 512,6 KB
AMD Phenom II X4 970 Black dengan spec 3,5 GHz,4x 512,6 KB
AMD Phenom II X6 1055T dengan spec 2,8 GHz,6x 512,6 KB
AMD Phenom II X6 1075T dengan spec 3 GHz,6x 512,6 KB
AMD Phenom II X6 1090T BK dengan spec 3,2 GHz,6x 512,6 KB
AMD Phenom II X6 1100T BK dengan spec 3,3 GHz,6x 512,6 KB


Terlepas dari pemilihan antara processor merk Intel atau AMD, itu tergantung dari masing-masing pribadi yang menggunakanya. Terutama kebutuhan kerja yang akan di jalankan oleh komputer itu sendiri. Itu saja yang dapat disampaikan dalam bahasan kali ini dalam pengertian, funsgsi dan cara kerja processor computer, semoga dapat bermanfaat. sekian dan terima kasih.


Referensi :



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments